Sapaan dari PULIH

Salam budaya, salam seni untuk keberpihakan !

Sobat PULIH, pasti tak asing lagi dengan nama PULIH. Ya bagaimana tidak, untuk kalangan mahasiswa kesehatan, kata “PULIH”  sangat identik dengan sasaran terapi anda kan? Kata PULIH  berarti kembali Semula, Kembali baik, kembali sehat, menjadi sehat, atau Sembuh. namun PULIH yang satu ini adalah nama dari sebuah Teater kampus di Jurusan Farmasi UNSOED purwokerto. Teater Pulih berdiri pada tanggal 27 Maret 2011.

Bagaimana sejarah terbentuknya?

sebenarnya ide gagasan untuk membentuk sebuah perkumpulan teater di jurusan farmasi sudah ada pada pertengahan 2010, beberapa mahasiswa angkatan 2008 berkumpul dan secara bersama sama pula mereka sepakat untuk membentuk perkumpulan teater di lingkungan kampus farmasi. Tiap berapa minggu sekali mereka latihan bersama di depan gedung A (Depan kampus farmasi lama, sekarang kampus Keperawatan UNSOED). seiring dengan konsistensi perjalanan perkumpulan ini, maka BEM yang saat itu dipimpin oleh Ahmad Fiki Firdaus membentuk sebuah komunitas seni. Komunitas seni itu terdiri dari beberapa bidang seni, Komunitas Fotografi, Komunitas seni peran, dan Komunitas seni lainya. dari sinilah awal sejarah terbentuk teater pulih.

Dari Mana Nama “Pulih”?

Anda pasti penasaran, kenapa kok namanya “Pulih”. ya, nama ini pun ada sejarahnya. pada awal terbentuknya Komunitas Seni Peran, para “member”  masih belum memiliki banyak pengalaman Keteateran. Jadi pada awal terbentuknya Komunitas Seni Peran, para “member” tersebut sering “Soan” keberbagai Teater Kampus yang ada di UNSOED. pada masanya, “Dedengkot” Teater Asal (Pertanian UNSOED) yang juga memiliki andil besar pada awal pembentukan Komuntias Seni peran ini menganugerahkan sebuah nama untuk Komunitas Ini, yaitu “Teater Pulih”. Pemberian nama oleh “Om Justo Asal Tangguh” ini terjadi di pendopo Fakultas Pertanian UNSOED dan pada waktu yang sama,  terpilihlah  ketua pertama Teater Pulih yaitu Nauli M (Mahasiswi Farmasi Angkatan 2008). dengan ini pula Resmi Terbentuk “Teater Pulih”

Bagaiaman Awal karir Teater Pulih?

Pada masa dini Teater Pulih terbentuk, juga tak lepas dari jasa Teater SiAnak. Teater SiAnak adalah UKM teater yang berlokasi di FISIP UNSOED. Teater SiAnak selalu berkunjung dikala Teater Pulih latihan sore di depan Gedung C (Sekarang Gedung Jurusan Ilmu Gizi), kepentingan kunjungan Teater SiAnak tak lain tak bukan adalah memberi dorongan Moral, Motivasi, dan  juga ilmu keteateran. beberapa anak Teater SiAnak diantaranya Mas Tino, Mas Asta, Mas Iskandar, dan Oki paling sering datang di sesi latihan Teater Pulih. Mereka juga membangkitkan rasa Kekeluargaan di setiap anggota Teater Pulih.

Lalu Apa saja yang sudah Dilakukan Teater Pulih?

Baru dua tahun Teater Pulih Terbentuk, Teater Pulih telah membuat banyak karya. diantaranya yaitu : Teatrikal Setiap awal tahun akademik UNSOED, Pementasan “INVIDIA”, Pementasan “POHON TANPA AKAR” bersama projek X, drama Musikal Akhir tahun 2012, Teatrikal SAVESOEDIRMAN, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Keadaan Teater Pulih Sekarang?

Teater Pulih sekarang adalah sebuah unit kegiatan seni dibawah UKM GARASI (GRAHA SENI FARMASI), hubungan eksternal sampai sekarang berjalan baik dengan beberapa Teater Kampus dipurwokerto tak hanya dilingkungan UNSOED, tetapi juga di kampus Selain UNSOED yang ada dipurwokerto seperti STAIN Purwokerto (Teater Didik), UM Purwokerto, BSI Purwokerto dll.

Iklan

~ oleh teaterpulih pada Maret 29, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: